Home » Blog » Cara Membersihkan Mesin Cuci
Testimoni
Produk Terbaru
Kebutuhan Chemical Untuk Buka Usaha Laundry Kiloan
Ultra Rust-G Rust Remover
Clean-Soft Softener & Cleaning Agent
Ultra Chlor – Chlorine Bleach
Ultra Liquid Emulsifier
Paket Usaha Laundry Professional
Paket Usaha Laundry Semi Pro
Paket Usaha Laundry Starter Pack
Pembayaran
Toko Kami ada di
Jumlah Pengunjung





Aroma Parfum
 photo aromaparfumlaundry_zps8f8c8b5f.png
Thursday, January 17th 2013. Posted in Blog

CARA MEMBERSIHKAN MESIN CUCI

 

Mesin cuci merupakan perangkat utama dalam menjalankan bisnis laundry kiloan. Namun, Anda harus mengetahui bahwa mesin cuci memiliki keterbatasan usia pakai. Jangka waktu pemakaian mesin cuci akan menjadi lebih cepat jika Anda tidak merawat mesin cuci dengan baik, apalagi penggunaan dengan kapasitas besar setiap harinya oleh para pengusaha laundry. Daripada Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli mesin cuci dalam jangka waktu kurang lebih lima tahun, lebih baik jika Anda merawat dengan baik mesin cuci yang Anda miliki sekarang. Tentunya perawatan ini akan menghemat biaya pembelian mesin dan perbaikan atau servis yang tentunya cukup mahal.

Salah satu cara merawat mesin cuci agar kinerjanya tetap terjaga adalah dengan membersihkannya. Pembersihan tidak hanya pada bagian luarnya saja yang kerap kali terkena debu maupun kotoran yang menempel. Pada bagian dalam tabung mesinpun harus Anda bersihkan.

Sisa atau residu deterjen maupun sisa kotoran dari pakaian yang tidak terbuang secara sempurna akan menempel pada dinding tabung mesin cuci Anda. Kotoran-kotoran yang menempel tersebut lama-kelamaan akan menjadi kerak.

Nah, sekarang akan kami bahas bagaimana cara membersihkannya. Tahapan pembersihan bisa dilakukan untuk mesin cuci top loading maupun front loading. Ada 2 macam cara membersihkan mesin cuci, diantaranya pembersihan ringan dan pembersihan berat.

A. Pembersihan Ringan

Pembersihan ringan sebaiknya dilakukan setiap selesai melakukan pencucian. Minimal dua sampai tiga hari sekali. Pembersihan ringan sangatlah mudah, caranya adalah sebagai berikut :

1. Hidupkan mesin cuci seperti biasa tanpa ada muatan (tanpa pakaian). Atur pada kecepatan tinggi. Jika dapat diatur suhu airnya, ada baiknya pencucian dilakukan dengan air hangat selama kurang lebih 15 menit.

2. Lakukan cara 1 cukup 1 sampai 2 kali, minimal dua sampai tiga hari sekali.

B. Pembersihan Berat

Pembersihan berat sebaiknya dilakukan seminimal mungkin sebulan sekali. Hal ini untuk menjaga agar tidak banyak kotoran maupun kerak yang menempel pada tabung mesin cuci. Adapun cara pembersihannya adalah sebagai berikut :

1. Tuangkan bubuk pembersih mesin cuci Crystal Klin sebanyak 1 sampai 2 sendok makan pada tempat deterjen.

2. Hidupkan mesin cuci seperti ketika mencuci pakaian, akan tetapi dalam pembersihan mesin cuci, kondisikan agar mesin cuci dalam keadaan kosong tanpa muatan (tanpa pakaian). Atur pada kecepatan tinggi dan lakukan selama kurang lebih 15 menit.

3. Lakukan tahap pembilasan seperti biasa setelah cara 2 selesai dilakukan. Lakukan cara ini berulang kali sampai air kembali jernih.

4. Setelah air sudah kembali jernih, lakukan pembersihan ringan agar tidak ada kotoran-kotoran yang tertinggal.

5. Jika memungkinkan, cek juga selang/pipa air berikut bersihkan filternya.

Selamat mencoba!

dapatkan tips-tips laundry lainnya di fanpage facebook kami, UltraParfumLaundry

Posting terdahulu :

bagaimana mengelola karyawan laundry

tips membuka usaha laundry

Produk terbaru

Hand Soap
Rp 5.500
Customer Service
ym1
ym2
Follow Us
Fan Page
Produk Terlaris
Parfum Laundry (Pewangi Laundry)
Quotes
Go Green !!
Alamat Kami